Pantai Ora

Melihat Secuil Surga Yang Ada di Timur Nusantara

Posted on

Kamu pasti tahu dong, Maluku dan sekitarnya punya keeksotisan alam yang memikat, yang menunggu tuk dijelajahi. Satu diantara daya tarik wisatanya ialah Pantai Ora yang ada di Desa Saleman, Kec Seram Utara, Maluku Tengah. Bila kamu cari suasana tropis dengan pantai sepi, pasir putih apik, lautnya biru dan sebening kaca, tambah perbukitan hijau yang mengitari latar belakangnya, Pantai Ora punya semuanya. Eksotisme juga keindahannya menjadikan Pantai Ora ini disetarakan dengan Maldives dan Pantai Bora-bora.

Tidak cuma itu, Pantai Ora pun amat istimewa dengan terdapatnya penginapan yang dibangun di atas laut. Ora Beach Resort bisa disebut sebagai penginapan yang dibangun tepat diatas perairan Pantai Ora. Cantiknya, cottage-cottage di resort tersebut punya latar belakang Perbukitan dari Taman Nasional Manusela. Akulturasi cottage kayu yang dibangun diatas air jernih hijau kebiruan serta latar belakang perbukitan hijau membuat pemandangan di Pantai Ora sangat fantastis. Tak cuma resort saja, ada pula beberapa homestay yang di bangun dekat laut. Suara debur ombak dan angin laut jelas akan membuaikan dan mengantarmu menuju alam mimpi. Selesai istirahat, pagi-pagi di Pantai Ora dipenuhi kicauan burung dan belaian hawa sejuk.

Begitu buka pintu kamar saat pagi hari, alam menyuguhkan pemandangan hamparan laut pas di depan mata, dengan terumbu-terumbu karang dibawahnya yang tampak jelas tanpa musti turun ke air. Namun sayang sekali bila kamu melewati kesempatan snorkeling di Pantai Ora. Tidak perlu menanti, segera ambil snorkeling gear kamu tuk menyapa ikan-ikan sebagai penghuni bawah lautnya. Terumbu karang Pantai Ora menjadi habitat bagi ratusan species ikan. Kamu dapat mengambil beraneka foto indah menggunakan kamera underwater. Disamping snorkeling dan main di pantai, kamu pun bisa sewa perahu nelayan buat lihat cantiknya Taman Nasional Manusela. Naik perahu, kamu bisa menyusuri Sungai Salawai tuk melihat proses produksi sagu, atau lihat berbagai jenis burung yang ada di Teluk Sulaiman. Buat kamu yang suka alam liar, trekking adalah pilihan lainnya. Hutan tidak jauh dari Desa Sawai di Pulau Seram ialah pilihan yang tepat. Disana kamu dapat lihat kawasan penangkaran Burung Kakatua Seram serta Burung Nuri Seram.

Jangan lewati juga kesempatan berpelesiran ke Mata Air Belanda yang bisa disambangi naik perahu. Air yang keluar dari mata air mengucur ke laut. Uniknya, air itu sangat dingin dan rasanya tawar, tak payau meskipun berada dekat pantai. Airnya segar juga dan bisa diminum. Berdasarkan kepercayaan orang di sekitar Pulau Seram, Mata Air Belanda punya khasiat yang bagus. Mereka yakin air dari sini memberi efek anti-aging dan amat bagus bagi kulit. Konon mencuci muka ataupun mandi dengan air dari Mata Air Belanda dapat membuat kamu awet muda. Tidak percaya? Menurut pengalaman sejumlah wisatawan yang pernah ditanya, kulit muka mereka menjadi bersih setelah cuci muka disini, lalu jerawat-pun bisa lekang.

Nah, untuk kamu yang belum kesampaian ke Maladewa, Pantai Ora bisa menjadi pilihan. Disamping keindahannya yang sebanding, tempat yang berjuluk “heaven on earth” tersebut bakal menunjukkan betapa kayanya alam di negeri Indonesia. Apalagi, kini liburan ke Pantai Ora makin mudah dan hemat dengan tersedianya promo jalan-jalan ke Pantai Ora dari beberapa travel agency. Kerennya lagi, kamu tidak perlu repot memikirkan akomodasi & transportasi, sebab paket ini sudah mencakup transportasi dari juga ke bandara maupun Kota Ambon, menginap 2 malam di Ora Beach Resort, makan selama di resort, pun tur, snorkeling ke Mata Air Belanda juga Tebing Batu. Asyik bukan? Yuk secepatnya tetapkan waktu liburanmu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *