Penyebab, Gejala, dan Pengobatan Penyakit Meningitis

Posted on

Seperti yang diketahui, belum lama ini artis terkenal Olga Saputra wafat disebabkan oleh salah satu masalah radang selaput. Penyakit tersebut dinamakan Meningitis. Meningitis pribadi ialah peradangan di selaput sekitar otak serta sumsum tulang belakang. Meningitis umumnya disebabkan oleh bakteri dan virus, dan terkadang diakibatkan infeksi jamur, walaupun hampir seluruh mikroba bisa menyebabkan berlangsung meningitis itu.

Saat meradang, meningitis mengakibatkan pembengkakan di daerah timbulnya infeksi, umumnya di leher. Sistem saraf serta otak dapat rusak di beberapa kasus. Ada pun 3 gejala meningitis yang harus diwaspadai ialah demam, kepala, serta leher yang cukup kaku. Ada pun langkah-langkah penanganan meningitis bisa dilakukan dengan sejumlah hal dibawah:

Penanganan meningitis dapat dilakukan dengan istirahat yang banyak dan minum obat penghilang rasa sakit kepala. Sementara pengobatan meningitis terhadap pasien meningitis, boleh dirawat memakai antibiotik ataupun obat-obatan utk mengatasi infeksi yang diakibatkan bakteri. Perawatan harus dilaksanakan di rumah sakit. Utk kasus yang sedikit parah, dianjurkan dirawat di ICU supaya fungsi vital tubuh dapat dipantau dengan seksama.

Meningitis sebetulnya akan makin mudah diobati bila diketahui sejak sekarang, sebab pada stadium tertentu bakal sulit utk diobati, semacam kasusnya Olga Saputra dibilang Meningitisnya telah di stadium 4 jadi memang cukup sulit utk diobati dan resikonya ialah kematian. Ada pun pencegahan meningitis bisa melakukan beberapa hal dibawah:

Vaksinasi sejak dini

Di Indonesia sering ada 2 jenis vaksin meningitis, yakni vaksin meningokokus polysakarida serta vaksin meningokokus konjugat. Yang pertama dapat diberikan utk usia berapa pun juga mampu memberikan perlindungan sebanyak 90-95%. Utk anak dibawah umur 5 tahun, vaksin ini dapat bertahan smapai 3 tahun. Sementara bagi dewasa bakal melindungi kira-kira 5 tahun. Utk vaksin mengingokokus konjugat tidak lebih dari umur 11-55 tahun. BPOM menganjurkan supaya individu umur 11-55 tahun menjalankan program vaksinasi meningitis konjugat.

Cara terbaik utk pencegahan meningitis ialah dengan menerima vaksinasi. Namun lantaran penyakit ini masih amat sering terjadi di Indonesia, vaksin sejak dini bukanlah jadi hal yang wajib.

Pola hidup sehat

Utk contoh kasus yang terwujud kepada Olga Saputra, meningitis muncul karena Olga terlampau memaksa diri utk bekerja siang dan malam juga kurang istirahat. Langkah mudah utk menghindari penyakit ini sebetulnya dengan menjalani pola hidup sehat secara makan makanan sehat lalu istirahat yang cukup serta jangan lupa olahraga, hingga resiko timbulnya meningitis ini bakal jadi kecil dan bahkan tak ada.

Inti dari semuanya adalah semua penyakit jelas bisa menyerang siapa pun, dan tugas kita supaya tak terkena beragam macam penyakit usahakan utk menjalankan pola hidup sehat pada sebagaimana mestinya. Mudah-mudahan artikel kali ini sangat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *